Sabtu, 07 Mei 2011

Cara Merubah Tampilan Grub Dengan BURG di Linux Ubuntu



Dulu pas di kasi tau teman tampilan grub nya, saya rada penasaran. Biz lebih bagus di bandingkan yang saya gunakan, karena punya saya masih pakai yang standart (Hitam Putih) hehehehe….  Saya Jadi kepingin seperti itu…... lalau saya tanya ke teman saya. Itu menggunakan apa untuk merubah nya dan Ternyata itu bukan lah grub, akan tetapi burg. Tapi saya heran koq hampir mirip namanya antara grub ~ burg. Burg itu singkatan dari Brand-new Universal loadeR from GRUB, Memang c kedengaran Maksa dikit.. hehehe ea ga apa apa lah seperti kata yang pernah saya dengar… “Apalah Arti Sebuah Nama”.. wiz wiz dari pada ngomong panjang lebar tinggi mendingan kita langsung turun ke lapangan ^_^



  1. Buka terminal, trus tambahkan PPA dari burg'nya
    sudo add-apt-repository ppa:bean123ch/burg
  2. Update Repositori
    sudo apt-get update
  3. Download Burg dan Temanya
    sudo apt-get install burg burg-themes
  4. Install Burg ke MBR
    sudo burg-install "(hd0)"

    Kalo misalnya dinstall di drive yang lain, silahkan ganti bagian "(hd0)" nya.
  5. Update Burg
    sudo update-burg


Nah, beres deh mudah kan kalau kita mau untuk mencoba, lalu silahkan restart komputer teman teman. tapi sebelumnya, kita juga bisa melihat tampilan burg di komputer kita dengan perintah :

sudo burg-emu

nanti akan keluar tampilan burg kita. untuk mengubah temanya, tekan f2, lalu pilih tema yang diinginkan trus enter.

Kalau saya memilih tema ubuntu2, dan saya edit gambar background yang ada di /boot/burg/themes/ubuntu2/desktop.png sesuai dengan keinginan kita.he he he,,

lalu tampilan Grub kita berubah deh menjadi lebih menyenangkan…. Tidak sulitkan menggunakan linux ^ ^ Selamat Mencoba

1 comments:

ko nda bisa ya jadinya kaya gini >

bash: add-apt-repository: command not found

tolong ya gan

Posting Komentar